Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Mungkin masih ada dikalangan masyarakat yang bertanya-tanya, kenapa kita harus bisa bahasa inggris apa sih pentingnya belajar bahasa inggris. Pertanyaan seperti itu mungkin masih ada di benak sebagian masyarakat kita.

Sebenarnya mudah untuk kita reka-reka alasan kenapa kita harus belajar bahasa inggris, sangat aneh kalau ada kaum melenial hari ini mengatakan bahasa inggris nggak penting, atau tak mengerti alasan kenapa kita harus belajar bahasa inggris.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris (pixabay.com)

Atau mungkin ada orang yang nyeletuk gini ” kenapa kita nggak mempromosikan bahasa dan budaya kita pada orang asing tapi malah melestarikan bahasa asing”.

Sifat dasar manusia itu, punya ambisi untuk memberikan pengaruh pada orang lain, mengusai, dan diterima orang lain. Begitu juga mereka berusaha memasarkan budaya, bahasa, dan gaya hidup kepada orang di luar mereka.

Tapi kita juga harus realistis, bahwa ternyata dunia telah memilih inggris sebagai bahasa internasional dan diterima banyak masyarakat dunia, mau tak mau kita harus menerimanya juga, kalau tidak begitu,  kita akan banyak ketertinggalan.

Sangat salah kalau kita menolak bahasa inggris dengan alasan berpegang erat budaya lokal, anti budaya asing atau malah beropini bahwa itu bentuk penjajahan asing.

Justru ketika kita menguasai bahasa inggris, kita bisa menawarkan budaya dan perdaban kita kepada asing dengan media komunikasi bahasa mereka.

Alasan Pentingnya belajar bahasa Inggris

Note
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris (pixabay.com)

Berikut ini beberapa alasan betapa pentingnya belajar bahasa Inggris.

1 . Bahasa Internasional

Masayarakat internasional telah menjadikan inggris menjadi bahasa mereka, maka untuk komunikasi global banyak menggunakan bahasa Inggris. Untuk berkomunikasi pada penduduk negara lain minimal harus bisa bahasa Inggris. Pejabat harus menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan pejabat negara lain meski bukan dengan negara yang bahasa resminya Inggris.

2 . Mudah Diterima Masyarakat Global

Ketika kita bisa menguasai bahasa Inggris, tentu kita bisa dengan mudah diterima masyarkat global, dan mudah bergaul dengan mereka. Karena kita menggunakan bahasa yang paling banyak digunakan mereka.

3 . Bahasa Teknologi

Istilah teknologi modern sekarang menggunakan bahasa Inggris, maka ketika ingin kenal dan menguasai teknologi kita harus banyak belajar bahasa inggris.

4 . Menguasai Informasi

Barang siapa yang menguasai informasi, maka akan mudah menguasai dunia. Banyak sekali informasi penting mulai dari informasi teknologi, ekonomi, politik, militer, sains, teknis dan lainya menggunakan bahasa inggris. Sehingga alat untuk menguasai itu harus kita kuasai juga yaitu bahasa Inggris.

5 . Berdakwah

Sekarang ini kita tak henti-hentinya mendengar informasi onknum-oknum yang selalu menebar kebencian kepada Islam dan pemeluk-pemeluknya, mereka selalu menstikma hal-hal yang negatif. Tentu untuk melawan perilaku-perilaku seperti ini kita perlu menguasai bahasa Inggris , untuk mengenalkan pada mereka bahwa Islam is the best.

Bagaimana belajar bahasa Inggris

Cara Belajar
Pentingnya Belajar Bahasa Inggris (pixabay.com)

Mungkin dari kita masih banyak yang bertanya-tanya, saya pengen belajar bahasa Inggris tapi bagaimana ya?

1 . Autodidak

Belajar bahasa Inggris dengan metode belajar autodidak memang bisa dilakukan. Apalagi teknologi informasi sudah semakin menggila. Tapi hal itu memerlukan ketekunan, istiqomah dan waktu yang cukup lama dan jangan sampai mudah menyerah.

2. Privat

Ada banyak kelas-kelas privat bahasa inggris yang tersebar di banyak kota di Indonesia, seperti paket kampung Inggris Pare. Kita bisa mengeluarkan sedikit uang untuk lebih mudah belajar bahasa Inggris. Dengan metode privat, selain lebih mudah tetap lebih terarah dari pada belajar autodidak.

3 . Kuliah

Cara ini memang bisa dibilang sangat efektif, tapi memang menguras modal biaya, waktu, tenaga dan pikiran. Kalau memang anda serius untuk belajar bahasa Inggris dan memiliki itu semua, sangat disarankan untuk kuliah.

By : Idaroh

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *