Memahami Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Contoh dan Dampaknya secara Umum)

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli secara Umum

Pengertian Globalisasi
Pengertian Globalisasi (pixabay.com)
  •  Emanuel Ritcher

Emanuel Ritcher, Berpandangan bahwa globalisasi adalah suatu sistem jaringan kerja yang mengglobal, mempersatukan masyarakat bersama-sama yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

  • Martin Albrow

Menurut Martin Albrow, pengertian globalisasi adalah segala aktivitas proses masyarakat yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

Sejarah Globalisasi

Pabrik dan Robot

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya (pixabay.com)

Hampir semua peralatan yang dulunya kovensional, sekarang berubah jadi perangkat berteknologi, yang kadang terlalu kemajuan kecanggihannya. karena sangkin maju, robot menindas wong cilik.

Perusahaan-perusahaan mulai banyak menerjunkan robot-robot canggihnya untuk melakukan operasi-operasi yang sebenarnya bisa dikerjakan oleh tangan-tangan manusia dengan hasil yang lebih baik.

Hal ini terjadi, mungkin karena ambisi besar mereka untuk bisa mendapat laba bersih yang lebih banyak, sebab biaya operasi dan perawatan robot-robot canggih itu, dalam jangka panjang lebih murah dari pada biaya gaji dan konsumsi untuk karyawan yang cumlahnya tentu cukup fantastis.

Idealisme “meraih untung sebesar-besarnya” bagaian dari konsep kerja mereka. Peluang besar untuk melipat gandakan dolar, yang ada di depan mereka, membuat hati mereka tertutupi untuk bekerja sosial.

Kontribusi pembangunan ekonomi masyarakat dengan membuka peluang kerja yang seluas-luasnya, seharusnya bagian dari konsep kerja perusahaan-perusahaan raksasa.

Itulah manusia-manusia modern dengan segala kerakusannya.

Perusahaan-perusahan besar terus berkompetisi untuk memamerkan dan memasarkan berbagai inovasi baru dari produk-produk terbaru mereka kepada masyarakat dunia.

Mulai dari produk transportasi sampai produk perangkat media komunikasi dan informasi.

inovasi perangkat lunak sistem komunikasi dan komunikasi juga jadi ajang kompetisi.

Perangkat Keras, Lunak & Intenet

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya (pixabay.com)

Di era kemajuan teknologi jaringan internet, maka pemanfaatan jaringan ini juga berkembang pesat. Kita lihat sekarang muncul teknologi raksasa seperti google dan lain-lain

Pengembangan teknologi komunikasi dan informasi mulai berkembang pesat.

Mulailah para ahli mengembangkan perangkat-perangkat komunikasi dan informasi. Maka munculah perusahaan-perusahaan perangkat komunikasi, tentu yang saya maksud perangkat keras atau yang biasa disebut hardware.

Tentu saja tidak akan tercipta alat yang bisa jadi media untuk menjalin komunikasi dan mencari informasi seperti yang sekarang ada, kalau tidak diciptakan sistemnya, atau biasa disebut dengan perangkat lunak, yang populer dengan istilah software.

Sistem-sistem itu berupa program-program yang menjalankan aktivasi kegiatan-kegiatan yang beroperasi di perangkat keras yang terkoneksi ke jaringan internet. Setiap hadware yang terkoneksi jaringan internet, bisa koneksi ke hadware lain.

Tatkala perangkat itu diinstall dengan software yang diciptakan untuk aktivasi sistem komunikasi, maka bisa terjadi komunikasi antar hadware.

Muncullah programer-programer handal.

Mereka berlomba-lomba untuk menciptakan perangkat lunak dengan segala manfaatnya yang berbeda-beda, yang bisa jadi media interaksi dengan pihak lain di jaringan internet.

Kemajuan perangkat keras dan perangkat lunak semakin pesat seiring berjalannya waktu yang cukup singkat.

Sekarang kemajuaan hadware sudah sampai pada tahap munculnya touchscreen, diiringi dengan kemajuan perangkat lunaknya atau lebih enak disebut OS (Operating System), seperti android, ios, windows phone dan mungkin masih banyak lagi software.

Kemunculan perangkat komunikasi, mungkin bisa dikatakan, lebih banyak lagi. Persaingannya pun bisa dibilang cukup ketat.

Perangkat lunak yang punya lebih banyak inovasi keren, fitur yang bagus dan beragam, dan layanan cepat dan memuaskan, memiliki peluang untuk diterima di masyarakat.

Bahkan software bisa jadi perangkat komunikasi nomer satu yang dipakai oleh masyarakat dunia internasional.

Bisa dibilang, software ini menjadi kebutuhan semi primer masyarakat dunia dalam berkomunikasi.

Jaringan internet yang diglobalisasi, dikombinasikan dengan hadware dan software tertentu yang diglobalisasikan juga, maka munculah komunikasi global.

Tatkala komunikasi global terjadi maka muncullah era globalisasi.

            Baca juga Aplikasi Buatan Google

Video Tentang Globalisasi (Pengertian, Penyebab dan Dampak)

Contoh Globalisasi

Anda yang membaca artikel ini sebelumya seharusnya sudah faham maksud saya tentang era globalisasi. Mungkin saya juga perlu menambah oret-oret untuk sedikit berbagi informasi dan analisis yang kemungkinan masih banyak kesalahan.

Apa itu era globalisasi?

Era globalisasi adalah era di mana banyak hal bisa diglobalkan, disebarkan ke masyarakat luas, di sampaikan ke masyarakat umum. Hal ini tidak dalam lingkup nasional saja bahkan internasional.

Kalau zaman dulu yang mampu mengglobalkan satu peristiwa hanya kalangan tertentu saja; orang kaya raya, orang yang punya jabatan, dan punya pengaruh besar di kalangan masyarakat yang dengan apa yang dia miliki itu mudah untuk mensosialkan yang mereka inginkan ke masyarakat.

Maka sekarang, di era smartphone dengan OS-nya android yang diproduksi besar-besaran, tersebar ke seluruh dunia, dan dimiliki oleh setiap orang dari berbagai kalangan masyarakat, orang kelas bawahpun bisa memviralkan  banyak hal.

Satu audio, video, gambar atau tulisan yang diuploud di jaringan internet, sudah bisa dinikmati jutaan orang dalam bebeapa menit saja.

Sekarang orang bisa terkenal di negaranya dengan mudah, bahkan di seluruh dunia.

Tinggal bagaimana anda mengemas suatu konten dengan identitas anda yang bisa menarik masyarakat untuk menontonnya. Identitas bisa berupa foto atau nama anda.

Globalisasi informasi

Pengertian Globalisasi Informasi
Pengertian Globalisasi Informasi (pixabay.com)

Takala media global tercipta maka globalisasi informasi pun akan mengiringinya. Anda bisa tahu insident-insident yang disebar di berbagai media informasi dengan waktu yang sangat singkat.

Yang lebih dahsyat yaitu informasi yang tersebar di media sosial, seperti whatsapp, facebook, instagram dan telegram. Kalau informasi yang dipost di media-media mainstream itu, hal-hal yang sesuai dengan keinginan dan kepentingan pemiliknya.

Mereka tidak akan menyebarkan informasi yang merugikan mereka, bertentengan dengan kepetingan atau ideologi mereka.

Bahkan mereka sangat berani memelintir informasi atau membikin informasi palsu untuk kepentingan sesorang yang membayarnya.

Tapi ternyata ada media yang tidak terkontrol di internet. Bahkan negara besar yang punya perangkat-perangkat canggihpun sulit membendungnya.

Media sosial dengan segala macamnya, mampu menyajikan informasi yang sulit dibendung, karena setiap orang yang punya perangkat smartphone bisa akses ke media ini, dan mampu untuk nge-share apa yang dia inginkan.

Akses terbesar di internet ada di media sosial. Media sosial sebagai media komunikasi antar sesama pengggunanya, menjadi ajang tukar informasi apapun yang mereka mau.

Terjadi perubahan besar di masyarakat dalam hal sosial dan politik, dengan adanya media ini.

                       Baca juga Aplikasi Video Call

Globalisasi Budaya dan Ideologi

Dengan maraknya smartphone yang memungkinkan penduduk dunia saling berinteraksi, maka penyebaran budaya, ideologi, gaya hidup dan karakter masyarakat sangat mudah dan memiliki pengaruh besar.

Contoh Dampak Globalisasi dan Pengaruhnya

Arab spring

Pengertian Globalisasi dan dampaknya
Pengertian Globalisasi dan dampaknya (pixabay.com)

Saya kira pembaca pernah mendengar istilah. Istilah ini populer di seluruh dunia.

Arab spring yang berarti musim semi Arab, penyebutan revolusi besar-besaran yang terjadi di negara-negara Arab, entah di Timur Tengah atau di Afrika.

Revolusi ini bermula dari Tunisia yang menggulingkan Ben Ali, lalu merambat ke Mesir, Libya, Yaman, Suriah, Sudan dan Aljazair. Sebagian rezim sudah lengser. Sebagian negara terjadi krisis kemanusia besar seperti Suriah.

Kenapa bisa terjadi revolusi besar di berbagai negara-negara arab dalam waktu yang berdekatan bahkan bisa dibilang bersamaan?

Penyebabnya cukup komplek; kediktatoran, sewenang-wenang atau terelalu lama berkuasa.Yang menarik, media sosial punya andil besar dalam peristiwa bersejarah.

Sosial media jadi tempat penyebaran informasi tentang kedzoliman rezim atau seruan untuk demo besar yang menuntut kelengseran diktato-diktator itu.

Para rezim tak berkutik untuk mengendendalikan media yang jadi alat koordinasi jutan orang ini.

Revolusi Suriah

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya (pixabay.com)

Arab spring yang merambat ke Suriah, ternyata dihadapkan dengan penembakan dan penangkapan. Revolusi yang awalnya hanya demonstrasi berubah jadi konfrontasi senjata.

Rezim Suriah melakukan pemboman besar-besar dengan artileri dan jet tempur, di wilayah yang dikontrol revolusioner. Rakyat sipil jadi korban pembantaiaan bom-bom barel tentara pemerintah.

Revolusi ini bisa dibilang cukup unik dibanding dengan apa yang terjadi di negara Arab lain. Revolusi di Syam ini didominasi oleh gerakan Islam yang ingin menerapkan syariat Islam di bumi Suriah ini.

Media sosial yang menampilkan kebiadaban tentara rezim, pemboman masif pesawat tempurnya, pelecehan agama terang-terang di TV oleh pejabat- pejabatnya.

Pernyataan faksi-faksi revolusi yang ingin menerapkan hukum Islam dan hadits-hadits keutamaan bumi Syam juga telah merebak ke seluruh dunia melalui media sosial.

Hasilnya ribuan dan bahkan malah puluhan ribu pemuda Islam dari berbagai negara, bahkan dari Eropa dan Amerika berbondong-bondong ke negeri itu untuk ikut kontribusi dalam pelengseran rezim.

Saking ganasnya perlawanan dari pihak revolusioner, Rusia dengan puluhan ribu tentaranya harus terpaksa menginvasi negeri Suriah untuk menopang rezim yang hampir lengser.

Gerakan Aksi 212

Gerakan 212, merupakan gerakan yang sangat besar berupa demonsrasi damai di ibu kota, Jakarta untuk menuntut pemerintah mengadili gubernur Jakarta pada waktu itu, yang telah melecehkan Islam.

Demonstrasi ini masuk kategori gerakakan terbesar dalam sejarah indonesia, bahkan sejarah dunia. Mungkin ada sekitar 7 juta orang yang hadir dan terkoordinir dalam peristiwa bersejarah itu.

Media sosial punya andil besar dalam menjinakan hati-hati jutaan orang itu, sehingga mau berkumpul dan bersatu dalam satu komando para ulama.

Begitulah globalisasi, yang bermula dari kemajuan teknologi. Semakin maju teknologi, maka globalisasi semakin menggila.

By: idaroh 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *