Cara Meningkatkan Penjualan dan Bisnis dengan Ide Kreatif dan Inovatif (Online & of Line)

Kali ini Idaroh akan membahas bagaimana ide/cara jitu meningkatkan penjualan dan bisnis yang kreatif dan inovatif.

tentu yang namanya bisnis, pasti ingin sukses, ingin banyak orderan dan ingin jualan kita laris dan ingin penjualan kita meningkat. Hal itu suatu yang lumrah, masuk akal dan memang seharusnya begitu. Sangat aneh kalau ada orang jualan tapi nggak ingin peningkatan pada bisnis dan jualannya.

Meningkatkan Penjualan dan Bisnis
Meningkatkan Penjualan dan Bisnis (pixabay.com)

Untuk bisa meningkatkan penjualan dan bisnis anda, tentu tak asal-asalan. Ada tips khusus supaya anda bisa meningkatkan penjualan dan bisnis yang dapat membawa keuntungan. Dan itu berlaku pada semua bisnis dan jualan. Tentunya setiap jualan dan bisnis memiliki tips khusus tambahan yang tak ada pada bidang bisnis lain.

Berikut ini tips-tips menaikkan bisnis dan penjualan madu yang perlu anda ketahui.

1. Membuat Perencanaan/Planing

Menigkatkan Penjualan dan Bisnis
Menigkatkan Penjualan dan Bisnis (pixabay.com)

Setiap pekerjaan, terutama pekerjaan besar dan penting, harus sesuai dengan SOP. Membuat perencanaan dan planing merupakan hal yang harus pikirkan secara matang, sehingga pekerjaan anda terencana dengan baik dan bukan asal-asalan.

2. Pelaksanaan

kalau cuma perencaan bisnis maka tak akan ada yang bisa anda petik hasilnya jika tanpa pelaksanaan. Hal ini merupakan SOP dalam setiap pekerjaan yang anak kecil puun tahu.
Sifat malas, enak-enak, leyeh-leyeh, santai-santai dan ogah-ogahan harus dibuang sejauh-jauhnya, karena itu penyakit hati dan wabah yang membawa bencana pada karakter masyarakat.

3. Totalitas

Dalam bekerja maka juga sangat dipentingkan totalitas. Pekerjaan atau bisnis yang dikerjakan setengah-setengah tanpa keseriusan tentu hasilnya sangat berbeda jika dibandingkan dengan pekerjaan yang totalitas.

Pembisnis sukses mereka bisa menikmati hasil jerih payah mereka karena mereka kerja totalitas, tak ada kerja asal-asalan. Ketika anda bekerja totalitas maka segala SOP dalam pekerjaan yang anda geluti, terlaksanakan dengan baik, bahkan anda bisa membuat trobosan-trobosan atau ide-ide baru.

4. Evaluasi

Dalam setiap pekerjaan pasti ada SOP yang tak boleh terlewatkan, yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan bisnis yang tak dievaluasi, tidak membawa perkembangan dan peningkatan. Tanpa evaluasi, masalah tidak terselesaikan, dan penyebab kegagalan tak mendapat solusi.

5. Menjual Produk yang Asli

Ketika kita masuk dalam jual beli apapaun jangan sampai terjebak dengan menjual barang-barang palsu. Hal tersebut tak akan membawa keuntungan bahkan akan mengakibatkan kerugian bagi kita sendiri.

Ketika kita menjual barang palsu, kita bisa dituntut ke pihak berwajib, dipidanakan dan tentu kita juga bisa dihukum penjara. Hal tersebut, tentu bukan yang kita inginkan.

Dalam konteks jualan madu, menjual madu palsu juga bisa berakibat seperti itu. Selain itu kita juga harus ganti rugi, nama baik tercemar sehingga kita tidak dipercaya dalam jualan dan yang paling parah, kita juga bisa dapat dosa yang besar.

Barang palsu tentu kualitasnya sangat buruk dan hal tersebut akan merusak kepercayaan masyarakat.

6. Memiliki Kredibelitas dan Reputasi

Meningkatkan Penjualan & Bisnis
Meningkatkan Penjualan & Bisnis (pixabay.com)

Dalam jualan tentu dibutuhkan yang namanya kepercayaan. Karena modal pembeli untuk mau membeli barang kita adalah kepercayaan. Tanpa kepercayaan tentu, pembeli akan berpaling dari kita. Kepercayaan pembeli itu bisa kita bangun dengan membentuk kredibelitas pada bisnis dan jualan kita.

Ketika kredibelitas sudah ada maka reputasi yang baik pun akan kita dapatkan. Masyarakat akan menilai kita baik dan bisa dipercaya sehingga mereka mau membeli produk yang kita tawarkan.

7. Layanan yang Baik

Ketika layanan baik, tentu akan banyak orang lari ke kita untuk membeli produk yang kita tawarkan ke mereka. Layanan memang memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan penjualan dan bisnis kita.

Untuk bisa menguasai layanan yang baik dalam bisnis tentu dibutuhkan penguasaan dalam bisnis tersebut, pengalaman yang banyak dan sistem yang rapi dan bagus.

8. Merek dan logo branding yang Menarik

Merek ternyata memiliki pegaruh besar pada peningkatan bisnis, jika merek tersebut mampu menembus hati masyarakat sehingga tertarik untuk membeli barang kita.

Butlah merek yang simpel, menarik, unik, mudah dingat, dan ramah pada masyarakat. Supaya lebih menarik lagi, ditambahi logo, sehingga ketika masyarakat melihat logo tersebut tak alain kecuali adalah produk kita.

Membuat logo tak asal-asalan, harus benar-benar bagus, menarik, mengesankan. Bila anda tak bisa membuat logo sendiri dengan bagus anda bisa menggunakan jasa desain logo perusahaan.

9. Kemasan Menarik

Yang dilihat pertama kali oleh pembeli itu adalah kemasan. Maka kita juga harus bisa membuat kemasan yang menarik, supaya konsumen melirik pada produk kita.

Kalau kita jual barang bagus, tapi kemasan menarik, tentu hal tersebut akan mengurangi ketertarikan pembeli. Konsumen akan menilai produk kita buruk. Bagaimana konsumen akan tahu produk kita bagus, kalau kemasannya buruk?

10. Harga Mampu Bersaing

Harga memang sangat memiliki pengaruh yang sangat besar dalam peninkatan bisnis dan jualan yang kita tekuni. kalau kita tak bisa bersaing dengan harga tentu, itu juga sangat mempengaruhi dalam hasil jualan kita, kecuali kalau kita bisa menawarkan barang yang memang kualitas benar-benar bagus, sangat menarik dan unik yang tak dimiliki produk lain.

Atau kita menjual barang yang harganya abu-abu, harga tak terlalu berpengaruh banyak pada penurunan produk kita.

11. Pemasaran dan Marketing

Perusahaan besar mereka mengeluarkan banyak sekali modal untuk pemasaran produk kita. Mereka berani mengeluarkan biaya ratusan bahkan milyaran untuk marketing. Hal tersebut mamang sangat berpengaruh pada peningkatan bisnis dan penjualan.

Logikanya begini, supaya produk kita laku banyak, tentu juga perlu banyak yang tahu produk kita, karena pembeli itu tak akan membeli produk kita kalau tak tahu dan kenal produk kita. Semakin banyak yang kenal dan tahu produk kita, tentu potensi peningkatan penjaulan akan semakin besar.

Media marketing bisa via mulut ke mulut, sosmed (sosial media), google, TV, forum tertentu, dan event-event khusus.

12. Mencari Target Pasar yang Tepat

Target pasar memang harus tepat, jika salah sasaran maka hal itu bisa mempengaruhi penurunan. Jika target tepat sasaran, maka ruang untuk menigkatkan bisnis yang anda geluti terbuka lebar gai anda.

13. Keuletan atau tak Mudah Menyerah

Meningkatkan Penjualan & Bisnis
Meningkatkan Penjualan & Bisnis (pixabay.com)

Dalam proses bisnis, akan didapati suka duka, rugi untung, dan bahagia senang. Hal yang buruk menimpa anda, entah itu masalah yang menyangkut bisnis atau di luar bisnis, jangan sampai membuat anda putus asa, menyerah dan menelantarkan bahkan meninggalkan bisnis anda.

Kekuatan dalam menghadapi masalah, keuletan dalam mencari solusi dan ketabahan dalam menyelesaikan masalah merupakan proses hidup, begitu juga proses bisnis yang banyak pelajaran sebagai bahan evaluasi menuju kesuksesan.

14. Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan inovatis akan muncul ketika usaha yang anda geluti, anda kerjakan dengan totalitas. Ketika totalitas ada maka kreatifitas bisa mengalir dan inovasi-inovasi baru mulai muncul seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengalaman.

Kreatifitas dan inovasi baru merupakan modal untuk jadi pemenang dalam persaingan bisnis yang begitu ketat.

15. Dokumentasi

Supaya usaha anda mudah dievaluasi dan mudah mencari solusi dari semua permasalahan yang ada maka dokumentsi sangatlah penting. Tanpa dokumentasi, bisa beresiko pada penurunan, karena banyak hal urgent yang terlewatkan dan terabaikan.

16. Mencari Partner

Singel Fighter merupakan pekerja keras yang harus kita aku kegigihannya. Tapi ini juga punya resiko, kelelahan, mengurangi totalitas dalam banyak bidang, dan melemahkan tubuh. Dalam berpartner, anda bisa mengembangkan bisnis lebih luas

Tentu hal ini dalam lingkup usaha yang memang diperlukan partner supaya berkembang dan mampu meningkatkan bisnis. Dalam usaha tertentu memang mungkin tak diperlukan partner.

17. Sistematis (Membangun sistem yang Baik dan Rapi)

Usaha atau proyek yang memiliki sistem yang baik tentu akan menghasilkan apa yang diharapkan, dalam lingkup bisnis tentu hal ini bisa meningkatkan penjaualan dan keuntungan yang sesuai harapan.

Anda bisa pergi jalan-jalan dengan tenang, traveling dan mlancong keluar negeri tanpa risau dengan proyek anda, asalakan anda mampu membangun sistem yang baik dan rapi. Tapi hal itu tidak tiba-tiba jadi, perlu usaha keras, totalitas, keuletan dan kesabaran.

18. Doa

Doa memang adalah senjata yang paling ampuh, karena sejatinya yang menentukan kesuksesan kita adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka sudah seharusnya kita memohon kepada-Nya untuk segala urusan kita.

By : Idaroh

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *