16 Manfaat Daun Krokot untuk (Kesehatan, Kecantikan dan Pemerdu Lovebird dan Kenari)

Manfaat Daun Krokot
pixabay.com

Manfaat daun krokot untuk lambung, jantung, mata bahkan juga bisa untuk lovebird dan kenari, tak banyak diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, kebanyakan masyarakat mengabaikannya. Padahal tumbuhan tersebut banyak tersebar di sekitar perumahan masyarakat.

Anak-anak kecil dulu, memanfaatkan tumbuhan ini sebagaimakanan jankrik. Sangat disayangkan bila kita tidak sampai tahu tentang manfaat tumbuhan krokot, padahal tumbuhan tersebut banyak kita jumpai.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Duan Krokot untuk Mata
pixabay.com

Krokot disinyalir mengandung vitamin A. Hal tersebut sangat bagus bagi kesehatan mata. Selain itu daun tersebut juga dapat membantu mencegah resiko radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak dan degenarsi makula.

2. Membantu Merangsang Sel Darah Merah

Salah satu manfaat daun krokot yaitu dapat membantu merangsang sel darah merah. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan ini mengandung zat besi dan tembagga.

       Baca juga 15 Manfaat Daun Bidara (Tinjaun dalam Al-Quran, Hadits, Kesehatan dan Ruqyah)

3. Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Metabolisme

Kandungan zat besi dan tembaga yang terdapat pada daun krokot juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan metabolisme.

4. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Zat besi dan tembaga yang terkandung dalam tumbuhan ini ternyata juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh, dengan menyumbangkan banyak oksigen ke organ tubuh yang urgent.

5.  Manfaat Daun Krokot untuk Jantung

Manfaat Daun Krokot untuk Jantung
pixabay.com

Manfaat daun krokot yang lain, yaitu membantu menjaga kesehatan jantung, dengan sering mengkonsumsi ramuan krokot.

Salah satu trik membuat ramuan krokot yaitu, dengan menumbuk daun krokot, kemudian dimasukkan ke air yang sudah matang, setelah itu disaring. Air yang hasil saringan tersebut dicampur dengan madu, dan itulah hasilnya.

6. Membantu Mengatasi Cacingan

Cacingan banyak menimpa pada anak-anak. Hal itu tentu menjadi masalah sendiri bagi orang tua anak-anak tersebut. Selain itu, cacingan dapat menyebabkan nutrisi makanan yang masuh pada perut tak terserap ke tubuh secara maksimal.

Daun krokot disinyalir dapat membantu mengatasi cacingan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan konsumsi air daun krokot.

7. Manfaat Daun Krokot untuk Lambung

Salah satu manfaat daun krokot adalah membantu menjaga kesehatan lambung. Hal yang sering kali menimpa lambung yaitu maag. Salah satu cara membantu mengatasinya yaitu dengan konsumsi minuman dari daun krokot yang ditumbuk halus dengan air.

8. Membantu Mengatasi Radang Lambung

Salah satu penyakit yang dapat menimpa lambung yaitu radang lambung. Hal ini akan menjadi masalah serius bila dibiarkan. Salah satu cara yang dapat membantu mengobatinya yaitu dengan banyak mengkonsumsi air dari daun krokot.

            Baca juga 13 Manfaat Daun Kemangi (Kesehatan, Kecantikan dan Makanan)

9. Membantu Mengatasi Hepatitis manfaat daun krokot

Salah satu penyakit yang menakutkan masyarakat yaitu penyakit hepatitis yang juga dikenal dengan penyakit kuning. Penyakit ini menakutkan karena dikenal berpotensi mematikan.

Daun bidara disinyalir dapat membantu mengatasi penyakit ini, yaitu dengan sering mengkonsumsi air rebusan daun dibara.

10. Membantu Mengatasi Keputihan manfaat daun krokot

Keputihan sudah tak asing lagi bagi wanita, karena memang tak sedikit yang mengalami penyakit ini. Hal ini tentu menjadi masalah sendiri bagi mereka.

Konsumsi daun krokot disinyalir dapat membantu mengatasi penyakit ini, yaitu dengan meminum ramuan hasil rebusan daun krokot dengan putih telur.

11. Membantu Menurunkan Demam manfaat daun krokot

Demam memang sudah menjadi penyakit umum bagi masyarakat, bahkan boleh dibilang wajib. Tentu akan cukup berbahaya, jika demam ini sudah dalam taraf cukup tinggi.

Salah satu manfaat daun krokot yaitu dapat membantu menurunkan demam,. Supaya memberikan efek, konsumsi daun ini juga dibutuhkan ketelatenan dan kerutinan.

12.  Membantu Memperkuat Tulang

Selain manfaat tersebut, daun krokot juga dapat membantu memperkuat tulang.

Daun ini diketahui memiliki zat kalsium, magnesium, mangan dan besi yang dapat memperkuat tulang.

     Baca juga 15 Manfaat Daun Bidara (Tinjaun dalam Al-Quran, Hadits, Kesehatan dan Ruqyah)

13. Membantu Perawatan Kulit manfaat daun

Daun krokot diketahui dapat membantu perawatan kulit. Selain itu daun ini juga dapat membantu merangsang sel-sel kulit sehingga dapat menghilangkan bekas luka.

Daun krokot yang diketahui memiliki vitamin A yang tinggi yang dicampur dengan senyawa gulma mampu mengatasi peradangan kulit. Contoh peradangan kulit dalam hal ini sengatan lebah. Cara pemakaiannya dengan mengoleskan pada kulit yang terkena radanag tersebut.

14. Membantu Perkembangan Anak

Daun krokot disinyalir mengandung zat-zat yang bagus bagi pertumbuhan anak, seperti asam lemak yang bagus dan omega 3. Hal tersebut dapat membantu mengurangi resiko gangguan perkembangan pada anak (contoh: autisme dan ADHD)

15. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat daun krokot yaitu membantu menurunkan berat badan. Krokot diketahui cukup kaya akan nutrisi, rendah kalori dan menagndung seart makanan yang cukup tinggi.

Hal tersebut dapat memberikan rasa kenyang, meningkatkan asupan kalori, dan membantu mengurangi berat tubuh.

16. Manfaat Daun Krokot untuk Lovebird dan Kenari

Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun krokot diyakini juga bermanfaat bagi burung. Burung lovebird, pleci dan kenari yang memakan daun krokot dapat berkicau lebih jernih dengan durasi yang juga bertambah cukup lama.


By: Idaroh Admin

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *