13 Manfaat Daun Kemangi (Kesehatan, Kesuburan, Kecantikan dan Makanan)

manfaat daun kemangi
pixabay.com

Kita sebagai orang Indonesia, pasti tidak asing dengan tumbuhan yang terkenal dengan kemangi ini. Manfaat daun kemangi ini cukup banyak, seperti kecantikan, kesuburan, kesehatan, pemerdu suara lovebird dan kenari, dan juga dimakan mentah sebagai lalapan.

Daun kemangi yang dijadikan lalapan, memang memberikan cita rasa tersendiri pada makanan. Selain memberikan cita rasa yang enak, daun ini juga memberikan aroma yang segar dan bau yang unik.

Selain dijadikan lalapan daun ini juga bisa dibuat bahan masakan tersendiri. Rasa yang khas membuat makanan memang benar-benar nikmat.

Kandungan Daun kemangi

Manfaat daun kemangi
Manfaat Daun Kemangi (pixabay.com)

Daun ini mengandung protein, karbohidrat, air, mineral, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, folat, vitamin (A,B,C dan K), antioksidan lutein, zat besi, flavonoid, eugenol, sineol, boron, arginine, anetol, arigin, stigmasterol, tannin, seng dan zeaxanthin.

Oleh karena itu daun kemangi banyak dikonsumsi masyarakat. Daun ini bahkan dijuluki sebagai ratu herbal, karena kaya akan manfaat dan khasiat.

Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan
Manfaat Daun Kemangi (pixabay.com)

1. Membantu Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit demam berdarah memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat, karena saking maraknya penyakit ini menyebar di masyarakat.

Mencegah penyakit lebih baik, dari pada mengobatinya. Salah satu cara mencegah penyakit ini dengan, mencegah gigitan nyamuk Aeddes aegypti.

Daun kemangi yang diekstrak, disinyalir mengandung zat yang dapat meracuni nyamuk, meski daya efeknya cukup rendah, sepertitanin, minyak atsiri, saponim, dan flavonoid.

2. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam sebuah penelitian yang diujicobakan pada hewan, daun kemangi diketahui mengandung zat yang bersifat anti virus, pereda nyeri dan anti jamur. Hal ini dapat membantu mencegah resiko inveksi pada luka dan mempercepat penyembuhan.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Daun kemangi dapat menjaga sistem pencernaan dari resiko penyakit yang disebabkan luka pada lambung, membantu pelepasan lapisan lendir yang terdapat di dinding lambung, dan mengurangi peningkatan asam lambung.

4. Mencegah Radikal Bebas

Daun kemangi disinyalir mengandung flavonoid atau apigenin yang dapat membantu mencegah kemunculan radikal bebas.

Apa itu radikal bebas?

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan salah satu elektron yang berpasangan. Hal ini dapat terjadi pada molekul dalam tubuh manusia, seperti protein, asam nukleat, dan lipid. Bila molekul-molekul ini sudah terkena radikal bebas, maka hal ini dapat menimbulkan kerusakan protein, sel, bahkan sampai DNA.

Radikal bebas terjadi karena sebab radiasi, asap rokok, polusi udara, asap motor, ozon dan bahan kimia pabrik, dan bahkan makanan-minuman tertentu yang tak menyehatkan.

5. Membantu Mencegah Stress

Daun ini memang dikenal memiliki kemampuan membantu mencegah stress. Hormon yang dapat memicu stres dapat dikendalikan oleh kandungan zat tertentu yang dimiliki daun kemangi. Hal ini juga membuat kejiwaan lebih tenang dan pikiran lebih rileks.

Stres dapat dipicu oleh fisik yang terlalu berat dan lelah, maetabolisme yang tak stabil dan psikologi yang labil dan tertekan.

Daun kemangi dapat membantu mengendalikan tekanan darah, gula darah dan kadar lipid, yang bila tak terkendali dapat menimbulkan stres metabolik.

6. Mengatasi Gangguan Tidur

Reaksi mencegah stres oleh daun ini juga punya pengaruh untuk membantu mengatasi gangguan tidur. Dan tentu ini termasuk manfaat daun kemangi yang tak boleh diabaikan, karena siklus tidur yang terganggu dapat menimbulkan penyakit fisik maupun psikis.

Manfaat daun kemangi tak hanya bagi kesehatan tapi juga makanan tertentu. Keberadaan kemangi memang membuat cita rasa tersendiri bagi masakan tersebut.

   Baca juga 15 Manfaat Daun Bidara (Tinjaun dalam Al-Quran, Hadits, Kesehatan dan Ruqyah)

7. Membantu Mencegah Kolesterol

Kandungan nutrisi tertentu pada daun ini dapat membantu mencegah kenaikan kolesterol.

8. Membantu Meredakan Batuk

Meminum air panas yang dicampur dau kemangi dan madu, disinyalir dapat membantu meredakan batuk. Hal itu konon banyak digunakan oleh penduduk India dan Afrika.

9. Membantu Mengatasi Stroke

Konsumsi daun kemangi diketahui dapat membantu mengatasi stroke. Daun tersebut mengandung nutrisi isovlavon yang dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi/artileri.

Berikut ini video manfaat daun kemangi untuk kesehatan:

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan

manfaat daun kemangi untuk Kecantikan
Manfaat Daun Kemangi (pixabay.com)

1. Membantu Mencegah Rambut Cepat Beruban

Daun kemangi termasuk salah satu bahan yang membantu mencegah rambut cepat beruban. Hal itu bisa dengan mencuci rambut dengan bubuk kemangi dan dan bubuk amla yang telah direndam selama semalam.

2. Membantu Mencegah Rambut Rontok

Tips yang ada di nomer 7 juga mampu membantu mencegah rambut rontok, atau dengan pasta daun kemangi yang dicampurkan pada minyak rambut.

3. Membantu Mencegah Jerawat

Ini termasuk salah satu manfaat daun kemangi yang jarang diketahui oleh masyarakat. Hal ini bisa dengan daun kemangi yang dijadikan pasta.

4. Membantu Mencegah Kemunculan Komedo

Bagian atas daun kemangi yang dilekatkan pada hidung (posisi kemunculan komedo) selama kurang lebih 5 menit dapat membantu mencegah kemunculan komedo.

Manfaat Daun Kemangi untuk Dimakan Mentah dan Masakan

manfaat daun kemangi untuk makanan
Manfaat Daun Kemangi (pixabay.com)

1. Dimakan Mentah Sebagai Lalapan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daun kemangi dengan rasa dan bau khasnya sangat cocok untuk dijadikan lalapan makanan terutama yang pedas. Dan tidak dipungkiri, ini membuat cita rasa makanan tersebut lebih nikmat dan segar. Selain itu daun ini juga dapat mengurangi keamisan makanan yang bedaging atau berikan.

2. Sebagai Bahan Masakan

Masakan tumis dan pepes merupakan contoh sebagian makanan yang sangat cocok bila dimasak dengan daun kemangi.

Itulah beberapa manfaat daun kemangi yang perlu diketahui oleh masyarakat. Ketika banyak masyarakat mengetahui manfaat daun kemangi, tentu mereka akan lebih memanfaat daun ini. Karena tumbuhan ini banyak tumbuh disekitar masyarakat dan banyak yang mengabaikan.

Akan lebih baik, jika masyarakat membudidayakannya. Selain jadi tanaman hias, manfaat daun kemangi akan lebih banyak didapati oleh masyarakat.

Manfaat Daun Kemangi untuk Pria

Daun kemangi yang sudah dikenal memiliki banyak khasiat ternyata salah satu khasiatnya adalah hal yang berkaitan khusus dengan pria. Tentu dalam hal ini sudah bisa difahami apa yang dimaksud dengan khusus bagi pria, tak lain kecuali hal yang menyangkut vitalitas.

Manfaat daun kemangi untuk kesuburan pria dan wanita sudah diketahui sebagian orang.

1 . Mencegah Ejakulasi Dini

Daun kemangi disinyalir mengandung magnesium, sineol, apigenin fenkhona dan eugenol yang diketahui dapat membantu mengatasi ejakulasi dini.

2 . Meningkatkan Kualitas Sperma

Kualitas sperma juga berpengaruh pada pembuahan. Kualitas sperma yang abaik akan mempunyai cukup ketahanan sehingga dapat mencapai sel telur dan membuahinya.

3. Membantu Mencegah Infertilias/Kemandulan

Salah satu kandungan daun ini berupa arginine, yang disinyalir membantu mencegah infertilitas/kemandulan.

4. Meningkatkan Vitalitas

Selain mengandung arginine, daun ini juga mengandung sineol. Kombinasi antara arginine dan sineol pada daun ini membantu meningkatkan vitalitas bagi pria.

           Baca juga Manfaat Madu Asli

Manfaat Daun Kemangi untuk Wanita

1. Membantu Melancarkan ASI

Daun kemangi disinyalir dapat membantu melancarkan ASI bagi ibu yang menyusui. Hal itu bisa dengan meminum air perasan dari ramuan yang terdiri dari daun kemangi, daun kunyit dan daun beluntas.

2. Membantu Mengatasi Keputihan

Keputihan memang penyakit yang sudah tak asing lagi bagi wanita. Jika tak segera diatasi, tentu hal ini sangat mengganggu kehidupan kaum hawa.

Konsumsi daun kemangi disinyalir dapat membantu mengatasi penyakit keputihan tersebut. Karena daun tersebut diketahui mengandung senyawa eugenol yang dapat membasmi jamur yang menjadi penyebab keputihan.

Tapi tidak cukup hanya dengan mengonsumsi daun kemangi saja, harus ada usaha lain yang tak bisa ditolerir ketika ditinggalkan dan diabaikan, yaitu menjaga kebersihan.

3. Membantu Meningkatkan Libido

Daun kemangi termasuk bahan alami yang dapat membantu meningkatkan libido. Untuk mencapai hal tersebut, tentu perlu mengkonsumsi daun tersebut secara teratu.

4. Penetralan Racun/Toksin dalam Tubuh

Konsumsi daun kemangi yang teratur diketahui dapat membantu penetralan racun yang ada pada tubuh wanita, sehingga metabolisme jadi baik dan tubuh siap untuk hamil.

5. Membantu Memperbaiki Alat dan Sistem Reproduksi

Salah satu manfaat daun kemangi yaitu untuk kesuburan. Kandungan boron dan anetol pada daun ini dapat merangsang hormon estrogen, sehingga membantu untuk memperbaiki sistem reproduksi pada wanita. Maka disarankan bagi wanita untuk konsumsi daun ini dengan teratur.

Baca juga 16 Manfaat Daun Krokot untuk (Kesehatan, Kecantikan dan Pemerdu Lovebird dan Kenari)

6. Membantu Meningkatkan Kematangan Sel Telur

Manfaat daun kemangi untuk kesuburan wanita tidak hanya dengan memperbaiki sistem reproduksi, tapi juga dengan meningkatkan kematangan sel telur.

Kandungan stigmasterol pada daun ini dapat membantu merangsang sel telur sehingga supaya lebih cepat matang sehingga terjadilah ovulasi dan siap untuk dibuahi.

Video Manfaat Daun Kemangi untuk Kesuburan

By: Idaroh Admin

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *