15 Manfaat Daun Bidara (Tinjaun dalam Al-Quran, Hadits, Kesehatan dan Ruqyah)

Manfaat daun bidara, hal yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal jikalau mereka tahu banyak hal tentang manfaat daun bidara, mereka bisa membudidayakannya dan mengoptimalkannya untuk hal yang positif, dan mencegah bahaya yang tak diinginkan. Idaroh pada kali ini, akan mengupas cukup kompleks tentang manfaat daun bidara, cara menggunakannya dan meramunya.

Sebelum masuk pada topik yang telah disampaikan, simak dulu apa itu daun bidara?

Bidara termasuk pohon yang ukuran daunya kecil-kecil. Pohon ini juga dapat menghasilkan buah. Pohon ini sering tumbuh di wilayah kering. Tumbuhan ini diketahui banyak tumbuh di negara Afrika yang kebetulan penduduknya Arab, seperti Mesir, libya, Tunisia, dan Aljazair

Meski begitu, konon tumbuhan ini berasal dari kawasan Asia Tengah, yang akhirnya menyebar sampai ke berbagai penjuru dunia, Afrika, Australia, Indonesia, dan Semenanjung Malaka.

Banyak penyebutan untuk pohon ini. Selain disebut sebagai Bidara, pohon ini juga disebut dengan Widara, Dara, Rangga dan Kalangga. Kalau nama ilmiahnya dikenal dengan Ziziphus Mauritiana.

Manfaat Daun Bidara, Cara Menggunakannya dan Meramunya

Manfaat Daun bidara
Manfaat Daun Bidara, Cara Menggunakannya dan Meramunya (idaroh.com)

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengurangi Berat Badan

Salah satu khasiat daun bidara berupa menurunkan berat badan. Inti sari daun bidara yang sudah masuk dalam tubuh mempunyai andil dalam pembakaran lemak. Selain itu daun ini juga membuat perut terasa lapar dengan waktu yang cukup lama.

Bagaimana cara konsumsinya? Meminum air dari hasil daun bidara yang direndam selama kurang lebih semalam. Daun bidara juga sudah racik jadi teh yang juga sangat cocok untuk dikonsumsi.

2. Menyehatkan dan Menyegarkan kulit

Selain dapat menurunkan berat badan, daun bidara juga punya manfaat sebagai bahan penyegar dan tentu juga menyehatkan kulit. Cara pemanfaatannya dengan membuat masker dari daun bidara ini.

Daun bidara bekerja sebagai pelindung kulit dari sinar ultra violet dan mampu lebih maksimal dalam menghilangkan kotoran yang menempel di wajah.

3. Membantu Mencegah Resiko Bahaya Diabetes

Daun bidara mampu mengurangi kadar gula yang tinggi dalam darah. Hal ini tak berarti dan tak berefek jika penderita tidak mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat dan tidak menjaga pola makannya.

Cara pemanfaatnya dengan meminum air yang direbus dengan daun bidara secara rutin.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Daun bidara mampu membantu mensteril racun yang bersarang di pencernaan atau mencegah resiko infeksi di saluran pencernaan.

Selain itu mampu membantu mencegah dari penyakit asam lambung atau maag.

Cara penggunaanya bisa dengan meminum air yang direbus dengan daun bidara atau teh yang diracik dengan daun bidara. Buah bidara pun juga mampu memberikan khasiat ini.

5. Membantu Penyembuhan Luka lebih Cepat dan Mengurangi Resiko Efeknya

Daun bidara mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga mampu membantu mempercepat pengeringan, penyembuhan luka lecet (karena sayatan dan sejenisnya), dan mempercepat pergantian kulit.

Selain itu daun ini juga membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dan mengurangi bekas luka bakar.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi daun secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Pola hidup yang tak sehat memang punya pengaruh pada resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi daun bidara secara rutin bagian dari pola hidup sehat.

7. Manfaat Daun Bidara untuk Mengobati Wazir

Hal ini bisa dilakukan dengan meminum rebusan daun bidara secara rutin, atau juga bisa langsung dengan mengeksekusinya di dubur.

8. Memaksimalkan Pembersihan Tubuh

Daun bidara memang dikenal memiliki antiseptik. Hal inilah yang membuat kulit lebih bersih, jika dibersihkan dengan daun bidara.

9. Mengatasi Keputihan pada Wanita

Keputihan memang termasuk masalah yang cukup serius bagi wanita. Daun bidara yang mengandung antiseptik disinyalir dapat membantu mengatasi keputihan.

10. Manfaat Daun Bidara Merawat Rambut

Daun bidara juga dapat dijadikan sebagai hair tonic, dengan cara direbus dengan air terlebih dahulu. Rambut yang dirawat pakai hair tonic dari daun bidara, disinyalir akan lebih kuat dan tak mudah rontok.

11. Menjaga Siklus Haid

Hormon yang tak seimbang pada wanita, dapat membuat siklus haid tak teratur. Meminum sari daun bidara yang diekstrak disinyalir dapat menjaga keseimbangan siklus haid pada wanita.

12. Membantu Mengatasi Gangguan Tidur

Daun bidara yang diracik jadi teh, mengandung saponim. Hal ini disinyalir dapat membantu mengatasi gangguan tidur atau isomnia dengan memberikan efek ketenangan.

13. Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini kadang menjadi masalah tersendiri bagi laki-laki. Salah satu manfaat dau bidara yaitu mengatasi masalah yang umumnya menimpa pria tersebut.

14. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang berkurang jadi masalah tersendiri bagi kita. Selain merusak pola makan yang sehat, hal itu juga dapat mengganggu kesehatan kita.

Disinyalir, salah satu manfaat daun bidara berupa membantu meningkatkan nafsu makan.

15. Mengurangi Resiko Depresi

Masalah yang tak terselesaikan dan pekerjaan yang menumpuk kadang membuat kejiwaan mudah depresi. Daun bidara mampu memberikan peredaran darah yang lancar juga memberikan efek rileks pada saraf.

Oleh karena itu salah satu manfaat daun bidara adalah memberikan efek ketenangan pada kejiwaan selain juga mampu membantu mengatasi gangguan tidur.

Hal-hal yang membicarakan tentang manfaat daun bidara tersebut sangat baik bila diiringi dengan konsultasi dengan dokter.

Bunga Bidara
manfaat daun bidara (idaroh.com)

Baca juga manfaat tumbuhan Paku

Manfaat Daun Bidara untuk Ruqyah

Dalam dunia ruqyah atau metode pengobatan dari gangguan jin, akan banyak ditemui penggunaan daun bidara dalam pelaksanaannya.

Mungkin ada orang bertanya dengan pertanyaan berikut ini:

Apakah ruqyah dengan menggunakan daun bidara itu, didasari dengan dalil dari Al-Quran atau Hadits?

Kalau ditelusuri, ternyata tidak ada ayat atau hadits yang menerangkan atau menyinggung penggunaan daun bidara untuk ruqyah. Meskipun begitu, ternyata banyak ulama yang merekomendasikan penggunaan daun bidara dalam ruqyah.

Sebaagain ulama berpandangan bahwa ruqyah termasauk bagian dari pengobatan, sehingga penggunaan suatu benda yang tidak bertentangan dengan syariat, termasuk penggunaan daun bidara, dibolehkan dalam ruqyah, selain itu juga diiringi dengan pembacaan surat atau ayat tertentu.

Ibnu Katsir, Syaikh Ibnu Baz, dan Syaikh Abdullah Al-jibrin termasuk ulama yang membolehkan ruqyah atau metode pengobatan seperti ini, dengan daun bidara.

Baca juga Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun Bidara dalam Hadits (Memandikan Jenazah, Mensucikan dari darah haid, dan Ruqyah)

Buah Bidara
Manfaat daun bidara (idaroh.com)

1. Memandingkan Jenazah

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam, memerintahkan Ummu Athiyyah Radiyyallahu ‘anha untuk memandikan jenazah salah satu putrinya dengan air dan daun bidara.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

Mandikan dia dengan membasuh tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian memandang hal itu (memang dibutuhkan), dengan air dan daun bidara. (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim)

2. Mandi dan Mensucikan dari Darah Haid

Bagi perempuan yang sudah selesa masa haidnya, tentu dia berkewajiban untuk mandi janabah, sebagai pentuk mensucikan diri dari haid.

Maka bagi perempuan tersebut dianjurkan untuk mensucikan tubuhnya dari darah haid tidak hanya dengan air, tapi juga dengan daun bidara.

تَأْخُذُ إِحْدَاكُنَّ مَاءَهَا وَسِدْرَهَا فَتَطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُوْرَ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتُدْلِكُهُ دَلْكًا شَدِيْدًا حَتَى يَبْلُغَ شُؤُوْنَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا الْمَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطَهَّرُ بِهَا. فَقَالَتْ أَسْمَاءُ : وَكَيْفَ أَتَطَهَّرُ بِهَا ؟ فَقَالَ : سُبْحَانَ الله تَطَهَّرِيْنَ بِهَا. فَقَالَتْ عَائِشَةُ : كَأَنَّهَا تَخْفَى ذَلِكَ تَتَبَّعِيْنَ أَثَرَ الدَّمِ.

“Salah satu diantara kalian mengambil air dan daun bidara, maka ia bersuci dan memperbaiki pensuciannya, kemudian menuangkannya di kepalanya, dan menggosokkannya dengan gosokan keras sampai mengenai kulit kepalanya. Kemudian dia menuangkan di kepalanya air, mengambil secarik kain yang diberi wewangian, dan bersuci dengannya (kain tersebut). Maka Asma’ bertanya: “Dan bagaimana aku bersuci dengannya?”. Aisyah berkata ” Sepertinya dia (Asma) tidak faham hal tersebut. Maka cari-carilah (dan bersihkanlah) bekas darah haid”. (HR. Muslim)

Daun Bidara
Manfaat daun bidara (idaroh.com)

Daun Bidara dalam Al-Quran

Daun bidara ternyata diabadikan dalam kitab suci Al-Quran. Hal itu tentu memberikan rasa penasaran tentang apa itu daun bidara, dan apa yang bisa dimanfaatkan dari dau tersebut.

فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ O وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ

Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan O (mereka) berada di pohon bidara yang tak berduri. (QS. Al-Waqiah: 27-28)

Macam-Macam tumbuhan Bidara

Ada banyak macam dan jenis tumbuhan bidara yang perlu anda ketahui. Supaya tak salah paham dalam penggunaannya dalam pengobatan tertentu terutama ruryah. Berikut ini beberapa macam jenis tumbuhan bidara.

1. Bidara Arab (Sidr)

Dalam bahasa arab daun ini disebut sidr, sebagaimana yang tertera dalam Al-Quran. Daun ini dimanfaatkan untuk pengobatan ruqyah.

2. Bidara Cina

Tumbuhan ini juga disebut dengan ziziphus jujuba dalam bahasa Yunani. Pohon ini mampu mencapai ketinggian 5-10 meter. Rantingnya memiliki duri.

3. Bidara Upas

Tumbuhan bidara ini memiliki ciri yang unik tak seperti bidara lainnya. Tumbuhan tersebut memiliki daun yang lebar, menghasilkan umbi, dan tak berduri sebagaimana pada tumbuhan bidara pada umumnya. Daun ini juga dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit kencing batu, diabetes dan syphilis.

4. Bidara Laut

Tumbuhan bidara ini memiliki karakteristik yang tak jauh dari namanya. Tumbuhan bidara ini banyak tumbuh di kawasan dekat pantai.

Daun ini dimanfaatkan sebagai pengobatan demam, rematik, sariawan, penyakit kulit, malaria dan mencuci darah secara alami.

5. Bidara Putsa (Apel India)

Sebenarnya tumbuhan ini lebih dekat ke kategori dengan tumbuhan apel, tapi karena memiliki ciri-ciri yang sangat mirip dengan tumbuhan bidara, sehingga masyarakat yang melihat sekilas tanpa mempelajari lebih dalam akan mengiranya sebagai tumbuhan bidara.

Meski memiliki ciri-ciri yang sangat mirip, tentu juga memiliki perbedaan. Berikut perbedaan tumbuhan bidara dengan tumbuhan putsa. silahkan simak!

  • Putsa memiliki buah yang lebih besar dari buah bidara
  • daun bidara cenderung lebih besar
  • Daun bidara bewarna hijau muda dan daun putsa bewarna hijau tua
  • Pertumbuahan bidara lebih cepat dari putsa
  • Bidara lebih banyak durinya, sedangkan putsa lebih dekat untuk dibilang tak berduri

30 Lebih, Manfaat daun bidara (Video)

Video kajian Dahsyatnya Manfaat daun Bidara

Semoga tulisan ini banyak membawa manfaat bagi masyarakat dan bisa jadi investasi akhirat bagi penulis. Ami

 

Baca juga Manfaat Daun kerokot

By : Idaroh

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *