Doa Harian

Islam telah mengajarkan banyak doa harian yang perlu kita pelajari dan amalkan, tak hanya doa malam hari saja, seperti doa pagi hari, doa malam hari, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa sebelum dan sesudah wudhu, doa masuk kamar mandi, doa masuk rumah, doa keluar rumah, doa minta rezeki, doa sebelum tidur, doa naik kendaraan, doa minta ilmu, doa minta keselamatan, dan doa hari jumat .

doa harian
doa harian (fimadani.com)

Doa Memohon Jalan yang Lurus

Setiap muslim, insya Allah selalu memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk senantiasa diberi petunjuk oleh Allah Ta’ala, ketika menunaikan shalat lima waktu, dalam pelafalan surat Al-Fatihah.

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ O اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ

Tunjukilah kami jalan yang lurus. Jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (jalan) orang-orang yang sesat. (QS. Al-Fatihah: 6-7)

Doa Memohon Keteguhan Memegang Kebenaran

Doa ini harus dilakukan setiap waktu sebagai permohonan keteguhan dalam kebenaran dan tidak dibalik arah jadi sesat (nauzubillah min zalik).

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. (QS. Ali Imran: 8)

َيَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِك

Wahai Dzat Yang Membolak-Balikan hati, teguhkanlah hati di atas agama-Mu. (HR. At-Tirmizi)

Doa Keselamatan

Doa ini dilantunkan setiap pagi dan sore sebanyak tiga kali, maka dijamin oleh Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh At-Tirmizi.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

 

Doa Masuk Rumah

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Maka apabila kalian memasuki rumah- rumah, maka hendaklah kalian memberi salam kepada kepada diri-diri kalian, sebagai penghormatan dari sisi Allah, yang dibarokahi, yang baik. (QS. An Nur: 61)

Doa Keluar Rumah

 

سْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah. (HR. At-Tirmizi dan Abu Dawud)

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku sesat, atau aku tersesatkan, atau aku menggelincir, atau aku tergelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku terdhalimi, atau bodoh atau terbodohi.

Doa Sebelum Tidur

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ, لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu dan aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, dan aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, dan aku menyandarkan punggungku kepada-Mu karena harapan dan ketakutan kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan tempat keselamtan dari (azab)-Mu kecuali kembali kepada-Mu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan Nabi yang Engkau utus. (HR. Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud,dan at-Tirmidzi)

بِسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا

Dengan nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup. (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Segala puji bagi Allah Dzat yang Menghidukan kita setelah Mematikan kita, dan kepadanya dibangkitkan. (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa Masuk Masjid

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Ya Allah, bukakan untukku pintu-pintu rahmat-Mu. (HR. Muslim, An-Nasai, Ahmad, Ad-Darimi, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi)

Doa Keluar Masjid

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada Engkau dari karunia Engkau. (HR. Muslim, An-Nasai, Ahmad, Ad-Darimi, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi)

Doa Minta Rezeki

اَللّٰهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَ لَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، لَا يَنْفَعُ ذَى الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Ya Allah, tidak ada yang menghalangi (untuk mendapat pemberian) bagi apa yang Engkau beri, dan tidak ada yang memberi bagi apa yang Engkau cegah (untuk mendapat pemberian). Tidaklah bermanfaat nasib baik itu untuk menyelamatkan dari siksa‐Mu. (HR. Bukhari)

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Ya Allah, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit yang menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang pertama kami (yang hidup bersama kami) maupun orang-orang akhir kami(yang hidup setelah kami), dan menjadi tanda kekuasaan dari-Mu, berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki. (QS. Al-Maidah: 114)

اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Ya Allah, sesungguhnya aku orang yang sangat membutuhkan suatu kebaikan (makanan atau selainnya) yang Engkau turunkan kepadaku. (QS. Al-Qashas: 24)

Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari para jin laki-laki dan perempuan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa Keluar Kamar Mandi

Berikut hadits yang menjelaskan doa keluar kamar mandi:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الخَلَاءِ قَالَ: غُفْرَانَكَ

Dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, berkata: Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau keluar dari tempat kosong (tempat buang hajat), berdoa:

غُفْرَانَكَ

(HR. Abu Dawud, At-Tirmizi, Ibnu Majah, dan Ahmad, lafal milik At-Tirmizi)

Doa sebelum Makan

Disunnahkan doa sebelum makan dengan mengucapkan “Bismillah”.

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَيَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ أَنْ لَا يُذْكَرَ اسْمُ اللهِ عَلَيْهِ

Sesungguhnya syetan sungguh menghalalkan makanan yang belum disebutkan bismillah atasnya. (HR. MUslim dan Ahmad)

Doa sesudah makan

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan memberi rezeki ini kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku. (HR. Abu Dawud, At-Tirmizi, Ibnu Majah dan Ahmad)

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ رَبَّنَا

Segala puji yang banyak, baik, dan barokah hanya milik Allah, Yang tidak perlu dicukupi, Yang tidak ditinggalkan (karena mahluq-Nya butuh kepada-Nya), dan Yang tidak ada (mahluq) cukup dan tidak memerlukan-Nya, wahai Rabbkami. (HR. Bukhari dan Tirmizi)

Doa Sapu Jagat

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Wahai Rab kami, berikanlah kepada kami di dunia kebaikan, dan di akhirat (berikan pula) kebaikan , dan lindungilah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)

Doa Minta Keluarga yang Shaleh

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Dan orang-orang yang berkata, “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan-pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati , dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74)

Doa untuk Orang Tua

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ

Wahai Rabb kami, ampunilah untukku dan kedua orang tuaku dan semua orang-orang yang beriman pada hari ditegakkan hisab. (QS. Ibrahim: 41)

Doa Memohon Kesabaran dan Kematian dalam Keadaan Muslim

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّتَوَفَّنَا مُسْلِمِيْنَ

Ya Rabb kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan muslim (berserah diri kepada Allah). (QS. Al-A’raf: 126)

Doa supaya Dibantu Ibadah

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah, tolonglah aku untuk mengingat Engkau dan syukur kepada Engkau dan ibadah kepada Engkau dengan baik. (HR. Abu Dawud)
Itulah doa harian yang diajarkan dalam Islam
By : Idaroh

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *